Sembrono, ASN Pemkab Bekasi Pasang Iklan Reklame di Kawasan Bebas Asap Rokok

  • Redaksi
  • 03 Februari 2021
  • 22
Sembrono, ASN Pemkab Bekasi Pasang Iklan Reklame di Kawasan Bebas Asap Rokok Salah satu produk iklan rokok terpasang di depan sekolah negeri kawasan Tambun, Kabupaten Bekasi

BEKASI - Pemerintah Kabupaten Bekasi dinilai sembrono menerapkan Peraturan Daerah Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kawasan Tanpa Asap Rokok, yang beredar di kawasan pendidikan. 


Hal ini bertolak belakang dengan asma pemerintah yang sejatinya menjamin penyelenggaraan pendidikan dari bahaya nikotin. 


Ketua PC PMII Kabupaten Bekasi, M Harun Al Rasyid mengatakan beberapa reklame iklan produk rokok beredar di sejumlah tempat sarana publik yang kerap dilalui anak usia dini dan pelajar.  Salah satu reklame tersebut terlihat di depan SMP Negeri 1 Tambun dan Stasiun Lemah Abang Cikarang. 


"Jangan karena demi menggenjot pendapatan asli daerah, Pemkab mengizinkan ASN pasang reklame di kawasan tanpa asap rokok. Sudah jelas dalam pasal 17 Perda nomor 1 tahun 2018, melarang pemasangan reklame rokok di dalam gedung ataupun diluar gedung yang di padati anak dibawah umur," ucapnya kepada Kabartiga, Rabu (3/1/2021). 


Menurutnya, pemasangan reklame rokok di depan sekolah bukan hanya melanggar Peraturan Daerah tetapi juga mampu berdampak buruk terhadap siswa yang masih di bawah umur.   


"Selain reklame rokok, jumlah reklame yang ada di kabupaten Bekasi pun tidak jelas pendataannya. Masih banyak reklame, bilboard, neonbox dan alat promosi lain yang tak berizin yang bertebaran di sepanjang jalan Kabupaten Bekasi," ujarnya. 


Ia menduga ada oknum yang yang sengaja melegalkan pemasangan produk rokok melalui reklame di beberapa kawasan Kabupaten Bekasi. Hal ini tentunya akan berdampak pada pendapatan daerah yang sedang digalakan Pemkab Bekasi. 


"Kami menduga bahwa permasalahan tersebut bukan karena tanpa izin akan tetapi karena ada pihak yang main mata dibelakang, perihal perizinan reklame liar tersebut," pungkas Harun.



Disarankan untuk anda