Dekranasda Lombok Tengah Gandeng Athan Siahaan di IFP 2022

  • Redaksi
  • 20 Juli 2022
  • 231
  • Bagikan:
Dekranasda Lombok Tengah Gandeng Athan Siahaan di IFP 2022

LOMBOK - Menyambut perhelatan akbar Indonesia Fashion Parade (IFP) pada Agustus mendatang, Dekranasda Lombok Tengah menggandeng designer kenamaan Athan Siahaan.   


"Ini pentingnya peranan masyarakat dan pekerja seni dalam mengangkat kearifan lokal agar ekonomi para perajin di daerah bisa terangkat," ujar Ketua Dekranasda Lombok Tengah, Baiq Nurul Aini, Selasa (19/7/2022).   


Lombok Tengah, menurut Baiq Nurul, menjadi sentra tenun terbaik yang memiliki aneka ragam motif yang amat unik dan berbeda dari daerah lain. Ia berharap produksi tenun tidak terhenti sampai pada produk Lembaran kain saja, namun harus bisa memiliki produk turunan, terutama dalam industri fashion tanah air. 


Adapun contoh yang diinginkan adalah menciptakan pasar baru untuk para penenun dengan cara mempromosikan secara nasional maupun internasional. 


"Seperti di bidang fashion ada busana siap pakai, tas, aksesories, dan kerajinan tangan lainnya, dengan harga yang lebih terjangkau agar semua lapisan masyarakat bisa menggunakan produk lokal," jelasnya.   


Sementara itu, dalam kunjungannya ke Lombok Tengah, Athan Siahaan menjelaskan bahwa IFP 2022 bakal berlangsung di Jakarta pada Bulan Agustus nanti. Mengangkat tema Love in Diversity, IFP tahun 2022 ingin mengedepankan kearifan lokal.   


"Kita ingin memajukan ekonomi para penenun dan perajin dari seluruh Indonesia," ungkap Athan.   


Dia menambahkan, Love in Diversity juga memiliki makna mendalam. IFP mengajak semua orang, terutama kaum muda milenial untuk mencintai ragam perbedaan, Menjadi kesatuan yang indah dalam setiap karya wastra Nusantara.   


"Pasca Pandemi ini harapan terbesar IFP adalah bisa memberikan dampak positif terhadap perekonomian para perajin dan penenun di seluruh Nusantara," tukasnya.   


Selain itu dengan adanya Indonesia Fashion Parade juga bisa menjadi kesempatan besar bagi masyarakat, karena terciptanya wadah untuk berkreasi dan menjadi salah satu media promosi bagi mereka, khususnya industri Fashion, Perajin, Penenun, UMKM dan Berbagai Produk Kecantikan.   


Designer Athan Siahaan mengunjungi Lombok Tengah pada Selasa 19 Juli 2022 dan bertemu dengan Ketua Dekranasda Lombok Tengah dalam hal ini adalah Ibu Bupati Lombok Tengah Baiq Nurul Aini di Pendopo Kabupaten Lombok Tengah.   


Selain itu juga hadir Ibu Wakil Bupati Lombok Tengah Winarsih, Ibu Sekda ibu Baiq Rahmayati dan Kabid Perdagangan Rr. Sri Mulyaningsih serta Ibu Kabag Perencanaan & Keuangan Setda ibu Heny Yuliana ER. (Ras)



Disarankan untuk anda